Kamis, 24 Oktober 2013

Artikel ini akan membahas tentang cara membuat label atau kategori di blog. Label atau kategori di blog sangat penting untuk mengelompokkan postingan artikel-artikel ke dalam jenis yang sama, sehingga artikel-artikel tersebut tertata lebih rapi sesuai dengan topik atau temanya.

Dengan adanya label atau kategori ini, para pembaca akan lebih mudah dalam menemukan artikel yang sedang dibutuhkan. Misalnya saja, artikel-artikel dalam blog ini dikelompokkan menjadi beberapa kategori, diantaranya internet, blog, dan komputer. Oleh karena itu, para pembaca yang ingin belajar tentang internet bisa melihat artikel-artikel saya mengenai internet secara lengkap pada kategori/label "internet". Dengan demikian, maka pengunjung akan lebih nyaman dalam menemukan dan mempelajari artikel mengenai internet yang telah saya buat.

Analogi lain mengenai label dalam kehidupan sehari - hari adalah seperti berikut. Jika anda pergi ke toko buku Gramedia, maka buku-buku di sana telah dikelompokkan berdasarkan jenisnya masing-masing. Misalnya saja buku tentang komputer, buku tentang bisnis, buku tentang kesehatan, dan lainnya. Nah, pengelompokkan ini sama saja dengan pemberian label atau kategori di blog. Dengan demikian, bukankah anda akan lebih mudah saat mencari buku di Gramedia? Nah, sekarang sudah mengerti bukan apa itu label dan mengapa kita sangat memerlukan pemberian label di blog?

Oke, jika para pembaca telah mengerti tentang betapa pentingnya pemberian sebuah label/kategori di blog, sekarang tiba saatnya bagi kita untuk belajar bagaimana cara membuat label di blog. Langsung saja saya bahas tentang bagaimana cara membuat label pada sebuah blog, supaya para pembaca juga bisa langsung mempraktekkan apa yang akan kita pelajari hari ini.

Tutorial Cara Membuat Label atau Kategori di Blog


Label itu sendiri sangat mudah dibuat hanya dengan beberapa langkah di bawah ini. Untuk membuat label atau ketegori di blog, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buatlah postingan seperti biasa di blog
2. Pada bagian sisi sebelah kanan, terdapat menu Setelan Entri yang berisi menu Label, Jadwal Publikasi, Tautan Permanen, Lokasi, Deskripsi Penelusuran, dan Pilihan. Pada menu tersebut, isilah Label sesuai dengan nama label yang dikehendaki, kemudian klik tombol Selesai.

3. Publish Postingan tersebut.

Coba lihat tampilan blog anda sekarang. Jika theme blog anda secara default menampilkan kategori atau label sebuah blog, maka label yang baru saja anda buat akan ditampilkan dalam blog. Namun, pada beberapa theme tidak menampilkan label atau kategori pada halaman blognya. Jika demikian, maka diperlukan beberapa langkah lagi untuk menampilkannya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk menampilkan kategori atau label yang telah dibuat:

1. Masuk ke dalam Dashboard blog.
2. Pilih menu Tata Letak.


3. Setelah itu, maka akan ditampilkan halaman tata letak seperti berikut. Klik menu "Tambahkan Gadget".


4. Setelah itu akan muncul pop up yang berisikan menu pilihan gadget yang dapat ditambahkan. Scroll mouse ke bawah dan cari menu Label.


5. Klik Simpan.

Sekarang refresh tampilan blog anda. Maka kini anda dapat melihat label yang telah anda buat pada langkah sebelumnya. Wah, hebat bukan ! Hehe..  Jika anda mengeklik label tersebut, maka postingan-postingan anda yang telah anda kelompokkan pada label tersebut akan ditampilkan.

Nah, sudah pada bisa kan membuat label di blog nya masing-masing. Jika kalian menyukai tutorial yang telah saya buat ini, teman-teman juga bisa share lho tutorial ini ke teman-teman melalui facebook, twitter, google plus, atau lainnya melalui tombol share social media di bawah ini sehingga teman-teman yang lain juga dapat belajar bersama.

Sekarang tibalah saatnya bagi saya untuk pamit. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai tutorial yang telah saya buat, mohon untuk ditanyakan melalui email saya di purnadi.winarno@gmail.com. Dengan senang hati saya akan mencoba membantu pertanyaan yang masuk.

Terimakasih telah membaca postingan saya kali ini, sampai bertemu lagi di tutorial berikutnya. Thaaraaa...
Tim Penulis, :)



Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar