Selasa, 21 Februari 2012

Setelah baru-baru dikejutkan dengan batik Indonesia yang sempat diclaim oleh Malaysia, ternyata baru-baru ini saya melihat berita di yahoo tentang batik Malaysia. Namun, setelah melihat motifnya, ternyata motif batik milik Indonesia masih unggul. Kenapa? Karena motif batik Indonesia memang melukiskan keindahan alam Indonesia yang tiada duanya di dunia ini.

Indonesia memiliki keanekaragaman yang sangat indah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Keindahan kekayaan alamnya sangat bervariasi, mulai dari flora dan fauna. Hal inilah yang dituangkan oleh para pengrajin ke dalam motif batik. Sehingga motif batik yang terlukis dalam setiap lembaran kain memang sangat khas dan indah.

Dari berbagai daerah di Indonesia, jika diamati memang mempunyai motif batik yang berbeda-beda antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Misalnya saja harimau sumatra cuma ditemukan di Sumatra. Sehingga motif batik Sumatra tentu akan beda dengan motif pekalongan.

Secara garis besar, motif batik di Indonesia menggambarkan alam, hewan, maupun alat tradisional seperti kipas bambu, dan lainnya. Hal ini memang sangat unik. Karena kita akan dibawa ke nostalgia zaman lampau. Namun ada juga kreasi baru yang menggabungkan seni tradisional dan seni modern. Untuk beberapa karya, ada yang bercorak geometri. Bahkan ahli fisika kabarnya ada yang menemukan corak dan motif batik dari sains.. Wah,, hebat ya.. :)

1 komentar: